Pelatihan Teater Melalui Board Games Teater Rakyat Kondobuleng bagi Siswa SMA Negeri 2 Majene Sulawesi Barat
DOI:
https://doi.org/10.62710/a78dns50Keywords:
Pelatihan, Board Games, Teater, KondobulengAbstract
SMA Negeri 2 Majene Sulawesi Barat merupakan Sekolah Menengah Atas yang terletak di Majene Sulawesi Barat. Sajian seni di sekolah ini selalu berkembang dan berkembang. Ekosistem seni yang dikembangkan mencakup semua genre. Fenomena pembelajaran teater merupakan salah satu fenomena yang paling banyak dikaji karena orientasi seni dalam kerangka seni rupa, tari, musik, dan teater belum mempunyai landasan nilai-nilai lokal yang kuat. Meskipun demikian ekosistem kesenian berkembang tetap terdapat permasalahan sosial yangg turut hadir dan membuat ketidakstabilan. Atas fenomena permasalah maka lahirlah pelatihan yang diinisiasi institusi. Tujuan pengabdian adalah pelatihan teater rakyat Kondobuleng berbasis Board games. Metode yang digunakan adalah analisis, perancangan, pengenalan dan roleplay, simulasi games dan evaluasi. Pelatihan ini dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran, sarana refleksi, perubahan dan pengajaran berharga bagi siswa SMA Negeri 2 Majene Sulawesi Selatan. Pelaksanaan pelatihan dengan model pendampingan bagi peserta atau mitra agar pelatihan lebih aktif, kreatif dan menyenangkan. Pelaksanaan kegiatan tersebut adalah: (1) Merancang pelatihan teater melalui Board Games, dan (2) melaksanakan kegiatan games berbasis permainan tradisional. Selain itu, pelatihan ini menghasilkan luaran sebagai berikut: (1) Mengurai persoalan dengan pendekatan teater yang menjadi patron serta meningkatkan nilai tradisional melalui pembelajaran Board games Teater Rakyat Kondobuleng
References
Agustina, R, B, Iman, Permana. 2019. Bullying Di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying Dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa. 7(3): 237-246.
Fathiyah. (2019). Peran Komunikasi Keluarga dalam Mencegah Perilaku Bulliying Remaja. AL-MUTSLA, 1(2). https://doi.org/10.46870/almutsla.v1i2.70.
Foltz, A., Williams, C., Gerson, S. A., Reynolds, D. J., Pogoda, S., Begum, T., dan Walton, S.P. (2019). Game developers’ approaches to communicating climate change. Frontiers in Communication, 4, Article 28. https://doi.org/10.3389/fcomm.2019.00028
Junalia, E., & Malkis, Y. (2022). Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Pada Remaja di Sekolah Menengah Pertama Tirtayasa Jakarta. Journal Community Service and Health Science, 1(3).
Kartika, Lilis. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Jurnal Edukasi Nonformal. Volume 1 Nomor 1.
Mangundjaya, dkk. (2022). Board Game: Cara Pembelajaran Yang Menyenangkan Bagi Orang Dewasa. Sosio Konsepsi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial. 11(2) 338-347.
Normina. (2014). Masyarakat dan Sosialisasi. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan. 12(22). 107-115.
Novarian, T, E. (2022). Membangun Karakter Melalui Variasi Visual Dalam Drama Televisi Banyu. Ikonik: Jurnal Seni Dan Desain, 4(1), 83–89.
Ramli, Asia. (2021). Nilai-nilai Pendidikan dalam Pertunjukan Teater Rakyat Kondobuleng. Jurnal Publikasi Pendidikan. Volume 11 Nomor 2.
Ramli, Asia., Dkk. (2022). Pelatihan Teater Rakyat Koa-Koayang pada Remaja Non-Produktif Komunitas Budaya Sossorang di Tinambung Sulawesi Barat. Sureq Jurnal. 1(1). 9-17.
Rogerson, M. J., Gibbs, M., dan Smith, W. (2015). Digitising boardgames: Issues and tensions. DiGRA 2015 - Proc. 2015 DiGRA Int. Conf. Divers. Play, no. Woods 2012.
Safaat, R, A. (2023). Tindakan Bullying di Lingkungan Sekolah yang Dilakukan Para Remaja. Jurnal Global Ilmiah. 1(2). 97-100.
Saputra, A, T. (2024). Karakter Religiusitas Pada Teaterikal Khutbah Jumat Di Mesjid Tua Gantarang Lalangbata Kepulauan Selayar. Imajinasi Jurnal. 8(1). 45-53.
Saputra, Dkk. (2024). Pelatihan Teater Pada Siswa SD-SMP Mengarap Karya Makassar Marege ‘Kita Bersaudara’ Pada Program BBM. Sureq Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain. 3(1). 20-25.
Suprajitno, S. (2017). Teater Sebagai Media untuk Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 96.
Taspinar, B., Schmidt, W., & Schuhbauer, H. (2016). Gamification in education: A board game approach to knowledge acquisition. Procedia Comput. Sci., 99, October, 101-116.
Treher, E. N. (2011). Learning with board games. Play for performance, Tools for Learning and Retention, Board Games TLKWhitePaper, May 16, 201.
Tsarava, K., & Moeller, K. (2019). Games and Learning Alliance, 11385. Springer International Publishing.
Yuliani, N. (2019). Fenomena Kasus Bullying Di Sekolah. Research Gate.
Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andi Taslim Saputra, Asia Ramli, Karta Jayadi, Dzulfitrah Ramadhani Mar, Safei Suprianto (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.